Bimtek Penyusunan SOAL US SMA YAPINK

Ujian Sekolah (US) yang dilaksanakan di SMA YAPINK sebagai pengganti UN berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 1 tahun 2021 tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan maka Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan yang dilaksanakan dalam bentuk (1) Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya), (2) Penugasan, (3) tes secara luring atau daring, dan/atau (4). bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan

Kegiatan Bimtek Penyusunan SOAL US SMA YAPINK sebagai media  untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan kisi-kisi soal dan penyusunan soal yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional.

Bimtek penyusunan soal Ujian Sekolah (US) dilakukan di lingkungan sekolah pada hari Senin tanggal 14 Maret 2022 dengan Nara sumber 1. Bapak Drs. Opan Soffian, M.Pd. selaku Pengawas Bina dan 2. Bapak Rojali, S.Pd., MA. sebagai pengawas dari Kantor Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Barat. Beliau membimbing para guru untuk bagaimana membuat/menyusun soal yang baik dan berkualitas serta menerapkan HOTS. selain itu juga beliau mengingatkan juga kepada peserta untuk senantiasa mengembangkan potensi diri dengan terus menerus belajar dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, bagaimanapun kondisi yang sementara dihadapi, Turut hadir dalam acara tersebut Bapak Hasanudin Priadi, SS. sebagai Kepala Sekolah, Bapak Isro Hidayat, SE. selaku Waka Kurikulum dan MGMPS SMA YAPINK.

Sekolah diberi kewenangan mutlak dalam membentuk soal-soal US, sehingga akan kemungkinan besar terjadi perbedaan soal antara satuan Pendidikan yang satu dengan satuan Pendidikan yang lainnya. Pembentukan soal-soal di sini harus dengan bimbingan dari pihak Pengawas, Yayasan dan Pejabat sekolah yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Sekolah, sehingga soal-soal yang diberikan kepada peserta didik itu berbobot setara dengan tingkat nasional.

Tahapan inti dari Bimtek ini yaitu pelaksanaan pembuatan kisi-kisi dan soal ujian sekolah. Pembuatan kisi-kisi dan soal guru-guru dibimbing oleh nara sumber sehingga penyusunan kisi-kisi dan soal sesuai yang diharapkan.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini akan lebih meningkatkan profesionalitas dalam mengembangkan keahlian para guru khususnya dalam menyusun kisi-kisi dan soal ujian sekolah.

 

Untuk Materi Bimtek bisa download

1 2 3 4 5 6 7

Tinggalkan Balasan