IHT Pembelajaran Abad 21

IHT SMA YAPINK
Pada Hari Sabtu, 27 November 2021. SMA YAPINK Tambun Selatan mengadakan IHT (In House Training) dengan Tema “Pembelajaran Abad 21”. Dalam Acara kali ini sebagai pembicara adalah Bapak Rojali, S.Pd., MA. sebagai pengawas Pembina Kantor Cabang Dinas Wilayah III Provinsi Jawa Barat. Acara dibawakan oleh Bapak Isro Hidayat, SE. sebagai Guru Ekonomi sekaligus Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMA YAPINK. Acara yang diadakan di SMA YAPINK dihadiri oleh seluruh guru. Acara berlangsung lancar dan sangat menarik, dimulai dari jam 09.00 sampai jam 12.00. Peserta antusias mengikuti jalannya acara dan aktif dalam setiap sesi kegaiatannya.

Kepala SMA YAPINK Hasanudin Priadi, SS.  mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf Bpk. KH. Ahmad Kholid Dawam, Lc. M.Hum. yang telah memberikan fasilitas dan akomodasi serta dukungan moril dan materil terhadap kegiatan ini, juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak Rojali, S.Pd., MA. yang sudah berbagi ilmu dengan bapak dan ibu guru di SMA YAPINK dan juga ucapan bangga  kepada bapak ibu guru yang hadir untuk peningkatan kompetensi mereka dalam proses belajar mengajardi sekolah

Dalam kesempatan ini, acara yang dilaksanakan lebih menekankan pembuatan RPP yang sesuai dengan system pembelajaran abad 21 dan acara itu dikemas dengan system diskusi agar suasana menjadi familiar dan tidak membuat tegang. terkadang diselingi dengan canda dari pembicara dan kadang muncul pula cerita beliau di masa kecil, serta kadang beliau membagi pengalaman beliau waktu mengajar dai daerah utara Bekasi dan mampu mengantarkan anak didiknya menjadi ketua OSIS di 3 sekolah Negeri Favorit.

Kegiatan IHT ini difokuskan untuk materi pengembangan RPP sesuai dengan ketentuan terbaru dari Kementerian Pendidikan termasuk Keterampilan Abad 21. Karena semua guru sudah selesai menyusun RPP diawal tahun pelajaran, maka IHT kali ini difokuskan untuk revisi dan pembenahan-pembenahan yang diperlukan.Kegiatan ini antara lain diawali dengan mengidentifikasi beberapa unsur di RPP K13 terbaru terutama untuk menyikapi tuntutan zaman yang semakin kompetitif yaitu keterampilan abad 21. Adapun pembelajaran abad 21 mencerminkan empat hal. Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Setiap kelompok tim teaching mata pelajaran menelaah kekurangan pada RPP yang telah dibuat kemudian disempurnakan.

Diantara pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang guru Bapak Teguh Imam Mulyanto, S.Pd. tentang resep untuk menumbuhkan semangat kreasi dan inovasi siswa. pertanyaan tersebut sangat diapresiasi oleh pembicara.

Pada Kegiatan terakhir ditutup dengan presentasi contoh hasil revisi RPP mata pelajaran dan pemberian tugas membuat perangkat pembelajaran selengkapnya. Diharapkan selesainya kegiatan IHT, dapat meningkatkan keunggulan sekolah sekaligus menularkan ke sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah imbas sehingga kualitas pendidikan bisa lebih merata.

Selamat Hari Santri

Selamat Hari Santri Nasional 2020Kamis, 22 Oktober 2020Mari kita lanjutkan perjuangan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asyari dan para pejuang bangsa dalam berjihad mengentaskan kebodohan, amar ma’ruf nahi munkar, memperkuat persatuan dan persaudaraan, menebar kasih sayang sesama insan, dan berperan aktif dalam melindungi bangsa dan negara dari rongrongan ‘penjajah’ baik dari luar maupun dari dalam. Sucikan hati dari kebencian, kedengkian, permusuhan, dan sikap-sikap yang berpotensi menuai perpecahan. Semoga kita selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah swt. Amiin.Santri sehat, Indonesia kuat.

[pvcp_1]